Pokja LHKPN Pemerintah Aceh Menggelar Bimtek bagi Admin LHKPN SKPA

Banda Aceh – Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Sekretariat Daerah Aceh Dr. M. Jafar, S.H., M.Hum. membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Admin LHKPN Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang bertempat di Aula Badan Kepegawaian Aceh (BKA), Jalan Tgk. Malem Nomor 2, Kecamatan Kuta Alam, Senin (18/03/2019).

Bimtek Admin LHKPN Unit Kerja/SKPA ini merupakan yang pertama kali diadakan di BKA, yang mana sebelumnya urusan LHKPN dilaksanakan oleh Inspektorat Aceh.

Setelah beralih ke BKA, melalui Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2018 tentang LHKPN di Lingkungan Pemerintah Aceh yang diundangkan pada Tanggal 6 Juni 2018, Pokja LHKPN sudah mengupayakan proses pelaporan khusus bagi kepala SKPA pada Tahun 2018 dan pada tahun ini diupayakan agar seluruh wajib lapor yang telah ditetapkan agar dapat melakukan pelaporan.

Dalam sambutannya pula Dr. M. Jafar menyampaikan juga bahwa selama masa transisi sistem pelaporan dari manual ke elektonik Tahun 2017 dan 2018 KPK masih memberikan cukup toleransi terhadap keterlambatan maupun atas ketidakpatuhan pelaporan, namun di Tahun 2019 ini KPK akan bersikap tegas terhadap keterlambatan dan ketidakpatuhan pelaporan, untuk itu Pemerintah Aceh melalui Pokja LHKPN juga akan mengupayakan peningkatan ketaatan pelaporan dan akan menyampaikan teguran atas keterlambatan serta dapat menjatuhkan sanksi disiplin sebagaimana ketentuan yang ada.

Pada kesempatan ini pula beliau menjelaskan kewajiban pelaporan ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan  Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelengaraan Negara yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

“Kami meminta bantuan serta kerjasama dari saudara-saudari selaku admin unit kerja yang telah ditunjuk oleh kepala SKPA masing-masing untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggungjawab dan kecermatan, sebab keberhasilan admin unit kerja adalah ketika Wajib Lapor di lingkungan kerjanya dapat terfasilitasi dalam pelaporan dengan tepat waktu dimana keberhasilan itu akan menjadi prestasi Pemerintah Aceh dalam pelaporan LHKPN,” pinta beliau.

 

Laporan Kepala Badan Kepegawaian Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H. selaku Ketua Panitia Bimtek Admin LHKPN, Senin (18/03).

 

Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Dr. M. Jafar, S.H., M.Hum. saat membuka Bimtek Admin LHKPN di Aula Badan Kepegawaian Aceh, Senin (18/03).

 

Peserta sedang menyimak penjelasan dari pemateri pada Bimtek Admin LHKPN, Senin (18/03).

 

Pemateri saat memberikan penjelasan pada Bimtek Admin LHKPN di Aula Badan Kepegawaian Aceh, Senin (18/03).

Bimtek ini diikuti oleh Admin LHKPN dari seluruh SKPA yang ada di Lingkungan Pemerintah Aceh.(id.za)

Pokja LHKPN Pemerintah Aceh Menggelar Bimtek bagi Admin LHKPN SKPA