Pelatihan Manajemen e-Absensi Pemerintah Aceh

BANDA ACEH – Badan Kepegawaian Aceh menyelenggarakan Pelatihan Manajemen e-Absensi Pemerintah Aceh di Aula Badan Kepegawaian Aceh Jalan Tgk. Malem Nomor 2, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh, pelatihan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga sore hari.

Pada kesempatan ini yang membuka sekaligus memberikan arahan dalam pelatihan dimaksud adalah Kepala Badan Kepegawaian Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H., serta didampingi oleh Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Bidang Layanan E-Government Yudi Kasmara, S.Kom., M.Cs. perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.

Pelatihan tersebut diikuti oleh Pejabat Struktural Eselon IV (Pejabat Pengawas) yang membidangi urusan kepegawaian dari setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Lingkungan Pemerintah Aceh, para pejabat tersebut nantinya akan bertindak sebagai Admin e-Absensi pada unit kerja masing-masing.

Pelatihan ini dilaksanakan sehubungan dengan Penerapan Manajemen Kinerja di Lingkungan Pemerintah Aceh serta sebagai upaya peningkatan disiplin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam peningkatan disiplin ini telah dikembangkan manajemen pengelolaan absensi agar lebih optimal dengan menerapkan aplikasi e-Absensi sehingga data kehadiran ASN akan terekam secara real time pada satu server induk.

Di Lingkungan Pemerintah Aceh sendiri terdapat 47 SKPA. Bagi masing-masing perwakilan SKPA telah dijadwalkan untuk mengikuti pelatihan ini, dari 47 SKPA yang ada selanjutnya dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu;
1. Kelompok I terdiri dari 22 SKPA;
2. Kelompok II terdiri dari 13 SKPA, dan;
3. Kelompok III terdiri dari 12 SKPA.

Terkait tanggal pelaksanaan pelatihan, jadwal pelatihan untuk Kelompok I diselenggarakan pada Tanggal 28 Januari 2019, Kelompok II diselenggarakan pada Tanggal 6 Februari 2019, dan Kelompok III diselenggarakan pada Tanggal 11 Februari 2019. Kelompok-kelompok tersebut dibagi berdasarkan survey kesiapan penerapan e-Absensi.(id.za)

Pelatihan Manajemen e-Absensi Pemerintah Aceh