Buka Forum Teknis Administrasi Kepegawaian, BKA Kembali Undang Pejabat Pengelola Kepegawaian se-Aceh dan SKPA

BANDA ACEH – Badan Kepegawaian Aceh melalui Bidang Kinerja dan Kesejahteraan kembali mengundang Pejabat Pengelola Kepegawaian Kabupaten/Kota se-Aceh dan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Lingkungan Pemerintah Aceh untuk mengikuti Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.

Forum yang diadakan bagi pejabat pengelola kepegawaian ini berlangsung selama dua hari mulai Tanggal 9 s.d 10 Juli 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 78 orang yang terdiri dari 23 orang dari Kabupaten/Kota dan 55 orang dari SKPA.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Kyriad Muraya Aceh Jalan Tgk. H. M. Daud Beureueh Nomor 5 Gampong Laksana Kec. Kuta Alam Kota Banda Aceh ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau pemahaman terkait kebijakan administrasi kepegawaian dan juga untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam pemrosesan administrasi kepegawaian, khususnya bagi pejabat pengelola kepegawaian bidang pembinaan disiplin pegawai serta mampu memahami dan mengimplementasikan seluruh persyaratan dan prosedur administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H. Mewakili Plt. Sekretaris Daerah Aceh saat membuka Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.

 

“Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) sedemikian rupa telah membentuk sebuah mekanisme ideal untuk menciptakan organisasi pemerintah yang professional, disiplin termasuk salah satu instrumen penting dalam Manajemen PNS.

Khusus mengenai disiplin disebutkan dalam Pasal 86 Ayat (1) untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, PNS wajib mematuhi Disiplin PNS.

Ayat (2) instansi pemerintah wajib melaksanakan penegakan disiplin terhadap PNS serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan disiplin.

Ayat (3) PNS yang melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman disiplin.

Disiplin merupakan suatu proses latihan dan belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam bertindak, berpikir, bekerja secara aktif dan kreatif. Dengan kata lain, disiplin melatih diri kita untuk menjadi lebih baik. Oleh karena itu, disiplin harus ditanamkan secara terus menerus, agar menjadi suatu kebiasaan.” terang beliau dalam sambutannya.

“Orang-orang yang berhasil dalam bidang pekerjaan pada umumnya, mempunyai disiplin kerja yang tinggi. Apabila sikap disiplin sudah menyatu dengan diri kita, maka sikap atau perbuatan yang dilakukan sama sekali tidak dirasakan sebagai beban. Bahkan sebaliknya, akan membebani diri kita bilamana kita tidak berbuat sebagaimana lazimnya.

Disiplin kerja merupakan hal yang penting dalam membangun dan membentuk karakter seseorang, suatu organisasi serta bangsa. Sikap mental disiplin harus dijadikan landasan utama dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pengembangan budaya disiplin kerja ASN mengisyaratkan bahwa nilai budaya disiplin kerja dapat mewarnai perilaku ASN dalam rangka peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan dan berorientasi pada terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dimana untuk menyusun strategi pelaksanaan budaya disiplin kerja harus dimulai dengan adanya strategi perubahan pola pikir, sikap serta perilaku ASN.” tambah beliau saat akan mengakhiri sambutannya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Aceh Timor Firdos, S.H., M.H. Mewakili Kepala Badan Kepegawaian Aceh ketika membacakan Laporan Panitia pada Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.

 

Wahyu Hidayatullah sebagai Narasumber dari Direktorat Peraturan Perundang-Undangan BKN R.I Jakarta saat menyampaikan materi pada Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.

 

Para Peserta sedang Menyimak Penjelasan Materi yang Disampaikan oleh Narasumber pada Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.

 

Foto Bersama Para Peserta Forum Teknis Administrasi Kepegawaian.(id.za)

 

Follow Us :

 

Buka Forum Teknis Administrasi Kepegawaian, BKA Kembali Undang Pejabat Pengelola Kepegawaian se-Aceh dan SKPA