BKA Gelar Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan

Banda Aceh – Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlukan seorang ASN dalam melaksanakan tugas jabatan. Definisi ini sesuai dengan pengertian yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Dalam peraturan ini Standar Kompetensi Jabatan ASN disusun oleh setiap instansi pemerintah baik itu Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Badan Kepegawaian Aceh Dr. Iskandar, AP., S.Sos., M.Si. saat Membuka Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan.

Terkait dengan itu, Badan Kepegawaian Aceh melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai menggelar Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan ASN Tahun 2019 yang diselenggarakan di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Senin (28/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung mulai Tanggal 28 s.d. 29 Oktober 2019 ini diikuti oleh Pejabat Pengawas dan Operator yang membidangi kepegawaian yang ada di Lingkungan Pemerintah Aceh.

Peserta Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan.

Adapun Kompetensi Jabatan yang dimaksud terdiri atas 3 kompetensi;

  1. Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
  2. Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan,keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati,diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.
  3. Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan.(id.za)

 

Follow BKA :

 

BKA Gelar Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan