BKA Adakan Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I

BANDA ACEH – Badan Kepegawaian Aceh melalui Bidang Kinerja dan Kesejahteraan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Manajemen Kinerja bagi seluruh Pejabat Pengelola Kepegawaian (Pejabat Pengawas atau Eselon IV) dan Admin Sistem Informasi Manajemen Kinerja (Simanja) yang ada pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Lingkungan Pemerintah Aceh.

Kegiatan ini digelar di The Padé Hotel Jalan Soekarno Hatta No.1, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar.

Bimtek yang diadakan bagi Angkatan I ini berlangsung selama dua hari mulai Tanggal 20 s.d 21 Maret 2019, untuk Angkatan I ini terdiri dari 9 (sembilan) biro yang ada di Sekretariat Daerah Aceh dan 18 (delapan belas) SKPA.

 

Kepala Badan Kepegawaian Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H. ketika membuka Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I, Rabu (20/03).

 

Acara yang dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H. bertujuan untuk memastikan setiap tahapan yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya pada setiap SKPA terkait persiapan pelaksanaan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 58 Tahun 2018 tentang Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Aceh dapat berjalan dengan baik.

“Perlu dilakukan pengelolaan, pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh,” ujar beliau.

Terkait dengan tindak lanjut amanat Peraturan Gubernur Aceh Nomor 58 Tahun 2018 yang akan diberlakukan pada Bulan Juni Tahun 2019 ini, maka akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan SKPA terkait penyelesaian Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja dan Evaluasi Jabatan.

Kesiapan dokumen tersebut akan menjadi dasar terhadap besaran nominal Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang akan diterima oleh setiap PNS.

Untuk tahap pertama pemberlakukan Manajemen Kinerja pada Bulan Juni Tahun 2019 ini akan dilaksanakan oleh 5 (lima) SKPA yaitu;

  • Badan Kepegawaian Aceh;
  • Badan Pengelolaan Keuangan Aceh;
  • Inspektorat Aceh;
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh, dan;
  • Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.

Serta ditambah 1 (satu) Unit Kerja yaitu;

  • Biro Organisasi Sekretariat Daerah Aceh.

Kemudian akan dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu pada Bulan September 2019 secara bertahap kepada seluruh SKPA di Lingkungan Pemerintah Aceh yang akan ditetapkan dengan Surat Edaran Gubernur Aceh.

“Untuk itu perlu dilakukan penguatan terhadap tata kerja, tugas dan fungsi bagi Pengelola Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh,” kata beliau membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Kepegawaian Aceh, Jalaluddin, S.H., M.M.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa selama proses pembelajaran penggunaan aplikasi Simanja, Tim Validasi dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Aceh akan terus melakukan pendampingan/asistensi penggunaan aplikasi Simanja secara bertahap kepada seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Aceh dan akan didukung sepenuhnya oleh Pejabat Pengelola Kepegawaian dan Admin Simanja pada seluruh SKPA,” tambah beliau.(id.za)

 

Peserta Bimtek mendengarkan penjelasan pemateri pada Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I, Rabu (20/03).

 

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Teuku Roni Yuliadi, S.H. sebagai narasumber pertama ketika memaparkan materi pada Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I, Rabu (20/03).

 

Kepala Subbidang Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pegawai Sulastri, S.E., M.Si. sebagai narasumber kedua ketika memaparkan materi pada Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I, Rabu (20/03).

 

Kepala Subbidang Pengelolaan Data dan Informasi Kepegawaian Chairil Akbar, S.Kom., M.Sc. sebagai narasumber ketiga ketika memaparkan materi pada Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I, Rabu (20/03).
BKA Adakan Bimtek Pengelolaan Manajemen Kinerja Pemerintah Aceh Angkatan I