Tugas Pokok dan Fungsi Bidang-Bidang pada Badan Kepegawaian Aceh

Tugas pokok dan fungsi setiap bidang di Badan Kepegawaian Aceh sesuai dengan Peraturan Gubernur Aceh No. 102 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Aceh.

Tupoksi Sekretariat

Sekretariat merupakan unsur pembantu Kepala Badan bidang pelayanan administrasi, umum, kepegawaian, tata laksana, keuangan, penyusunan program, data, informasi, kehumasan, pemantauan dan pelaporan.
Sekretariat mempunyai tugas melakukan pengelolaan urusan administrasi, umum, kelengkapan, peralatan, kerumahtanggaan, perpustakaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, hukum, perundang-undangan, pelayanan administrasi di lingkungan Badan Kepegawaian Aceh.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana strategis, rencana kinerja dan anggaran, penyusunan program, penelitian, pengkajian, data, informasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan;
  2. Pengelolaan administrasi keuangan;
  3. Pembinaan kepegawaian, organisasi, ketatalaksanaan, hukum dan perundang-undangan serta pelaksanaan hubungan masyarakat, pelaksanaan urusan ketatausahaan, rumah tangga, barang inventaris, aset, perlengkapan, peralatan, pemeliharaan dan perpustakaan; dan
  4. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat membawahkan:

  1. Subbagian Program dan Pelaporan
    Tugas Subbagian Program dan Pelaporan melakukan urusan penyusunan rencana strategis, rencana kinerja dan anggaran, penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang, penelitian, pengkajian, pengembangan, data, informasi, pemantauan, evaluasi, laporan akuntabilitas kinerja.
  2. Subbagian Keuangan
    Tugas Subbagian Keuangan melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, verifikasi, perbendaharaan, pembukuan, pelaporan realisasi fisik dan keuangan.
  3. Subbagian Kepegawaian dan Umum
    Tugas Subbagian Kepegawaian dan Umum melaksanakan pembinaan kepegawaian, organisasi, ketatalaksanaan, hukum dan perundang-undangan, pelaksanaan hubungan masyarakat, protokoler, urusan ketatausahaan, rumah tangga, barang inventaris, aset, perlengkapan, peralatan, pemeliharaan dan perpustakaan.

Tupoksi Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai

Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai merupakan unsur pelaksana teknis di bidang Formasi dan Pengadaan Pegawai, Pendidikan Kader, Pembinaan Jabatan Pimpinan, Administrasi dan Pengembangan Jabatan Fungsional, dan Pindah Wilayah Kerja.
Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai mempunyai tugas melakukan penyusunan formasi, pengadaan pegawai, seleksi tugas belajar dan pendidikan kader, pembinaan jabatan pimpinan, administrasi, rekomendasi mutasi pejabat struktural eselon II kabupaten/kota, pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional umum dan khusus dan pindah wilayah kerja.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan penyusunan formasi dan pengadaan pegawai;
  2. Pelaksanaan penyiapan rumusan bahan kebijakan pengembangan sistem pembinaan karier, inventarisasi keterampilan, keahlian dan bakat kepegawaian;
  3. Pelaksanaan pengembangan pendidikan kader (analisis, seleksi, pendidikan, evaluasi);
  4. Pelaksanaan ujian dinas untuk peryaratan kenaikan pangkat;
  5. Pelaksanaan penyusunan kompetensi jabatan pimpinan dan administrasi;
  6. Pelaksanaan pembinaan jabatan pimpinan dan administrasi di lingkungan pemerintah aceh;
  7. Pelaksanaan penyusunan rekomendasi mutasi pejabat struktural eselon II kabupaten/kota;
  8. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional umum dan khusus;
  9. Pelaksanaan penilaian angka kredit jabatan fungsional khusus;
  10. Pelaksanaan penyelesaian administrasi pindah wilayah kerja dilingkungan pemerintah aceh, antar wilayah dan antar kabupaten/kota;
  11. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang pembinaan dan pengembangan pegawai Aparatur Sipil Negara; dan
  12. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai membawahkan:

  1. Sub Bidang Formasi, Pengadaan dan Pengkaderan
    Sub Bidang Formasi, Pengadaan dan Pengkaderan mempunyai tugas melakukan penyusunan formasi, Pengadaan pegawai Aparatur Sipil Negara dan pengembangan tenaga kader (analisis, seleksi, pendidikan, evaluasi).
  2. Sub Bidang Pembinaan Jabatan Pimpinan, Administrasi dan Fungsional
    Sub Bidang Pembinaan Jabatan Pimpinan, Administrasi dan Fungsional mempunyai tugas melakukan penyelesaian administrasi dan pembinaan jabatan pimpinan dan administrasi di lingkungan pemerintah aceh serta penyusunan rekomendasi mutasi pejabat struktural eselon II kabupaten/kota, pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional umum dan khusus.
  3. Sub Bidang Pindah Wilayah Kerja
    Sub Bidang Pindah Wilayah Kerja mempunyai tugas melakukan penyelesaian administrasi pindah wilayah kerja dilingkungan pemerintah aceh, antar wilayah dan antar kabupaten/kota.

Tupoksi Bidang Mutasi Kepegawaian

Bidang Mutasi Kepegawaian merupakan unsur pelaksana teknis di bidang kepangkatan, penggajian, pensiun dan status kepegawaian.
Bidang Mutasi Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pertimbangan kenaikan pangkat, sistem penggajian, status kepegawaian dan penetapan pensiun.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dimaksud, Bidang Mutasi Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan persetujuan dan penetapan keputusan kenaikan pangkat, peninjauan masa kerja;
  2. Pelaksanaan penyiapan bahan pertimbangan teknis kenaikan pangkat pegawai negeri sipil bagi pegawai kab./kota untuk golongan ruang pembina IV/a keatas;
  3. Pelaksanaan pemberian nomor surat persetujuan dan pertimbangan kepangkatan dan penggajian;
  4. Pelaksanaan penyusunan bahan pertimbangan teknis kenaikan gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil;
  5. Pelakanaan penyiapan bahan status kepegawaian;
  6. Pelaksanaan penetapan masa persiapan pensiun pengawai negeri sipil;
  7. Pelaksanaan penetapan proses pemberian pensiun pegawai negeri sipil dan pensiun janda/duda pejabat negara serta penyelenggaraan tatausaha pensiun;
  8. Pelaksanaan penyiapan petunjuk teknis mengenai pengangkatan, kepangkatan dan pensiun Pegawai;
  9. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang mutasi kepegawaian; dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Mutasi Kepegawaian membawahkan:

  1. Subbidang Kepangkatan Wilayah I
    Subbidang Kepangkatan Wilayah I mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan persetujuan dan penetapan keputusan kenaikan pangkat, peninjauan masa kerja, penyiapan bahan pertimbangan teknis kenaikan pangkat pegawai aparatur sipil negara provinsi dan pelaksanaan pemberian nomor surat persetujuan dan pertimbangan kepangkatan dan penggajian.
  2. Subbidang Kepangkatan Wilayah II
    Subbidang Kepangkatan Wilayah II mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan persetujuan dan penetapan keputusan kenaikan pangkat, peninjauan masa kerja, penyiapan bahan pertimbangan teknis kenaikan pangkat pegawai aparatur sipil negara kab/kota untuk golongan ruang pembina IV/a keatas dan pelaksanaan pemberian nomor surat persetujuan dan pertimbangan kepangkatan dan penggajian.
  3. Subbidang Status Kepegawaian dan Pensiun
    Subbidang Status Kepegawaian dan Pensiun mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan status kepegawaian, penetapan masa persiapan pensiun pengawai aparatur sipil negara, penetapan proses pemberian pensiun pegawai aparatur sipil negara dan pensiun janda/duda pejabat negara serta penyelenggaraan tatausaha pensiun.

Tupoksi Bidang Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan

Bidang Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan merupakan unsur pelaksana teknis di bidang pembinaan disiplin, kedudukan hukum, penyusunan perencanaan dan evaluasi kinerja pegawai, administrasi dan kesejahteraan.
Bidang Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pembinaan disiplin dan kedudukan hukum, penyusunan perencanaan dan evaluasi kinerja, penghargaan, tanda jasa, kompensasi, cuti, administrasi norma, standar, prosedur, sistem kerja kepegawaian.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, Bidang Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan pembinaan disiplin pegawai;
  2. Pelaksanaan penetapan penyelesaian proses hukum pegawai;
  3. Pelaksanaan penyusunan perencanaan dan standar kinerja;
  4. Pelaksanaan penyusunan bahan petunjuk teknis kinerja dan evaluasi pegawai;
  5. Pelaksanaan penyusunan bahan petunjuk teknis peningkatan kesejahteraan pegawai;
  6. Pelaksanaan penyusunan bahan petunjuk teknis pemberian penghargaan, tanda jasa dan kompensasi kepegawaian;
  7. Pelaksanaan penetapan norma, standar, prosedur dan sistem kerja kepegawaian;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang manajemen kinerja dan kesejahteraan; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Manajemen Kinerja dan Kesejahteraan mebawahkan:

  1. Subbidang Pembinaan Disiplin Pegawai
    Subbidang Pembinaan Disiplin Pegawai mempunyai tugas melakukan pembinaan disiplin aparatur sipil negara dan penyelesaian proses hukum kepegawaian.
  2. Subbidang Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pegawai
    Subbidang Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pegawai mempunyai tugas melakukan penyusunan perencanaan dan standar kinerja, bahan petunjuk teknis kinerja dan evaluasi kinerja.
  3. Subbidang Kesejahteraan Kepegawaian
    Subbidang Kesejahteraan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyusunan bahan petunjuk teknis norma, standar, prosedur, sistem kerja, peningkatan kesejahteraan, pemberian penghargaan, tanda jasa dan kompensasi kepegawaian.

Tupoksi Bidang Informasi Kepegawaian

Bidang Informasi Kepegawaian merupakan unsur pelaksana teknis di bidang sistem dan teknologi informasi, pengelolaan jaringan informasi, pengelolaan data dan informasi kepegawaian dan pengelolaan arsip kepegawaian.
Bidang Informasi Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyusunan dan penerapan sistem dan teknologi informasi, pengelolaan jaringan informasi, pengelolaan data dan informasi kepegawaian dan pengelolaan arsip kepegawaian.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Informasi Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan pengelolaan sistem dan teknologi informasi kepegawaian;
  2. Pelaksanaan pengelolaan jaringan informasi pegawai aparatur sipil negara;
  3. Pelaksanaan penyediaan dan atau pengelolaan sistem informasi kepegawaian yang terintegrasi untuk pengelolaan mutasi kepegawaian;
  4. Pelaksanaan pengelolaan, penyusunan, penerapan data dan informasi kepegawaian;
  5. Pelaksanaan penyuntingan, penyandian dan perekaman data informasi kepegawaian;
  6. Pelaksanaan penyediaan, pengoperasian, pemanfaatan dan pemeliharaan perangkat lunak pusat informasi data dan informasi kepegawaian;
  7. Pelaksanaan pengelolaan arsip kepegawaian;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang informasi kepegawaian; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Informasi Kepegawaian membawahkan:

  1. Subbidang Sistem dan Teknologi Informasi
    Tugas Subbidang Sistem dan Teknologi Informasi adalah melakukan penyusunan, pengelolaan sistim dan teknologi informasi kepegawaian, pengelolaan jaringan informasi dan penyediaan, pengoperasian, pemanfaatan dan pemeliharaan perangkat lunak dan keras yang terpusat.
  2. Subbidang Pengelolaan Data dan Informasi Kepegawaian
    Tugas Subbidang Pengelolaan Data dan Informasi Kepegawaian adalah melakukan penyusunan, pengelolaan, penyuntingan, penyandian, perekaman data, penerapan data dan informasi yang terpusat serta penyajian informasi.
  3. Subbidang Pengelolaan Arsip Kepegawaian
    Tugas Subbidang Pengelolaan Arsip Kepegawaian adalah melakukan pengelolaan, pembinaan, pemeliharaan terhadap arsip Kepegawaian dan dapat menyediakan arsip kepegawaian secara cepat untuk keperluan mutasi kepegawaian dan proses kepegawaian lainnya.

Tupoksi Bidang Pelayanan Penunjang KORPRI

Bidang Pelayanan Penunjang KORPRI merupakan unsur pelaksana teknis di bidang pelayanan penunjang KORPRI Aceh.
Bidang Pelayanan Penunjang KORPRI mempunyai tugas melakukan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan kegiatan olahraga, seni, budaya, mental, rohani dan fasilitasi bantuan hukum.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pelayanan Penunjang KORPRI mempunyai fungsi:

  1. Pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan kegiatan olahraga, seni dan budaya;
  2. Pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan kegiatan mental dan rohani;
  3. Pembinaan dan pengendalian teknis fasilitasi dan pendampingan bantuan hukum dan dukungan terhadap permasalahan kedinasan bagi anggota KORPRI Aceh;
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang Pelayanan Penunjang KORPRI; dan
  5. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Aceh sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pelayanan Penunjang KORPRI, membawahkan:

  1. Sub Bidang Olahraga dan Seni Budaya
    Tugas Sub Bidang Olahraga dan Seni Budaya menyiapkan bahan dan program pelaksanaan pembinaan dan pengembangan kegiatan olah raga, seni dan budaya bagi anggota KORPRI Aceh.
  2. Sub Bidang Mental dan Rohani
    Tugas Sub Bidang Mental dan Rohani menyiapkan program pembinaan mental dan rohani melalui kegiatan keagamaan bagi anggota KORPRI Aceh.
  3. Sub Bidang Fasilitasi dan Bantuan Hukum
    Sub Bidang Mental dan Rohani mempunyai tugas menyiapkan program pembinaan mental dan rohani melalui kegiatan keagamaan bagi anggota KORPRI Aceh.