Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Provinsi Aceh Tahun 2018

Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Provinsi Aceh Tahun 2018 ini berlangsung di Kyriad Muraya Hotel. Rapat koordinasi ini dibuka oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Aceh Bapak Kamaruddin Andalah, S.Sos., M.Si. yang mewakili Sekretaris Daerah Aceh pada Hari Senin Tanggal 5 Nopember 2018. Rapat koordinasi ini berlangsung selama 3 (tiga) hari terhitung mulai Tanggal 6 s.d. 8 Nopember 2018.

Rapat koordinasi kali ini mengambil tema “Mewujudkan Aceh Peumulia dan Aceh SIAT melalui Profesionalisme Aparatur Sipil Negara Provinsi Aceh”. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk membangun sinergi, harmonisasi, komitmen dan kesamaan persepsi Pejabat Pengelola Kepegawaian di Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Aceh dalam memahami dan menindaklanjuti berbagai kebijakan dan regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Manajemen Kepegawaian demi terciptanya kompetensi profesionalisme Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Turut hadir dalam acara ini para Kepala BKPSDM Kabupaten/Kota se-Aceh, Kepala PKP2A IV LAN Aceh, Kepala Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Aceh dan Kepala BPSDM Aceh. Adapun peserta yang hadir berjumlah 27 orang dari seluruh Kabupaten/Kota se-Aceh.

Adapun narasumber yang memberikan materi dalam rapat koordinasi tersebut berasal dari Badan Kepegawaian Negara Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi R.I, Biro Kepegawaian Kementerian Dalam Negeri R.I dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Aceh mengingatkan kembali bahwa Pemerintah Aceh Periode 2017-2022 mengusung visi : “Terwujudnya Aceh yang damai dan sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani”. Beliau menjabarkan istilah ‘bersih’ dan ’melayani’, pada kalimat tersebut menunjukkan kalau reformasi birokrasi tetap menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Aceh ke depan. Pembenahan sektor kepegawaian dan manajemen kinerja tetap menjadi fokus utama.

Ada beberapa poin penting yang harus dilaksanakan, yaitu:

  • Menyamakan persepsi dan harapan tentang bentuk kinerja pemerintahan yang baik dengan mengacu kepada tertib administrasi kepegawaian;
  • Bersama-sama menyusun daftar inventarisasi masalah yang ada pada tiap-tiap unit kerja;
  • Harus ada perencanaan yang akurat dan terukur dalam mengatasi permasalahan yang telah dirumuskan dan;
  • Bangun kepercayaan diri serta bulatkan tekad untuk tampil sebagai aparatur yang jujur dan disiplin.

Diakhir sambutannya beliau mengharapkan peserta rapat koordinasi harus mampu menggali dan menularkan pemikiran positif untuk memperbaiki berbagai persoalan kepegawaian yang ada di Aceh. “Oleh karena itu, dalam rapat koordinasi ini, saya berharap seluruh peserta dapat saling berinteraksi dan saling memberi informasi agar upaya pembenahan dapat kita lakukan secara komprehensif”, kata beliau dalam sambutannya.

Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Provinsi Aceh Tahun 2018