Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Kabupaten/Kota Se-Aceh

Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kepegawaian Kabupaten/Kota Se-Aceh Tahun 2017 dilaksanakan di Hotel Oasis dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah aceh yang mewakili Sekretaris Daerah Aceh pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2017. Rapat koordinasi kali ini mengambil tema Penyelenggaraan Manajemen ASN dalam Rangka Meningkatkan Profesional SDM Aparatur Pasca PP no. 18 tahun 2016 dan PP no. 11 tahun 2017. Peserta yang hadir pada rapat koordinasi kali ini adalah para pejabat Bidang Kepegawaian Kabupaten/Kota se-Aceh.

Dalam arahan Sekretaris Daerah Aceh yang di bacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah aceh mengharapkan agar hasil rakor mendapatkan hasil terbaik sehingga dapatĀ  menyatukan pandangan tentang semangat untuk melakukan perubahan di bidang kepegawaian. Menurut beliau ada empat langkah yang perlu dan harus dilakukan, yaitu:

  1. Menyamakan pola pikir dan harapan tentang bentuk kinerja pemerintahan yang baik. Penyamaan persepsi itu tentu harus mengacu kepada tertib administrasi kepegawaian.
  2. Bekerja sama untuk menyusun daftar inventarisasi masalah yang ada di tiap-tiap unit. Amati semua masalah itu secara tajam. Susun berdasarkan skala yang paling penting dan mendesak hingga ke skala yang kurang mendesak. Temuan itu dirumuskan sebagai permasalahan yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas.
  3. Kaji secara tuntas terhadap masalah yang muncul. Tindaklanjuti setiap permasalahan tersebut untuk dicari penyelesaiannya agar rakor ini tidak hanya sekedar seremoni untuk membahas hal-hal yang sama dari tahun ke tahun, tetapi ada upaya untuk menyelesaikannya secara tuntas.
  4. Bangun kepercayaan diri dan bulatkan tekad untuk tampil sebagai aparatur yang jujur dan disiplin. Hal ini penting, sebab kalaupun semua permasalahan telah kita temukan, tapi bila tidak ada semangat untuk melaksanakannya, semua akan sia-sia. Oleh sebab itu, sikap dan kepribadian harus diperkuat untuk bisa menjadi aparatur yang berkualitas dan profesional.

Diakhir arahannya beliau mengharapkan dalam rapat koordinasi ini seluruh peserta baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat saling berinteraksi dan saling memberi informasi sehingga kinerja pemerintahan di Aceh terus menunjukkan peningkatan. Dengan efisiensi dan efektivitas kerja yang tinggi, sehingga mampu menjalankan tugas pelayanan yang lebih cepat dan cermat.

Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Kabupaten/Kota Se-Aceh