Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Pelaksana Manajemen SDM Pemerintah Aceh

Sumber daya manusia merupakan asset organisasi yang sangat vital, karena itu peran dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh sumber daya lainnya. Betapapun modern teknologi yang digunakan, atau seberapa banyak dana yang disiapkan, namun tanpa sumber daya manusia yan professional semuanya menjadi tidak bermakna. Eksistensi sumber daya manusia dalam kondisi lingkungan yang terus berubah tidak dapat dipungkiri, oleh karena itu dituntut kemampuan beradaptasi yang tinggi agar mereka tidak tergilas oleh perubahan. Sumber daya manusia dalam organisasi harus senantiasa berorientasi terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran organisasi.

Kapasitas Sumber Daya Manusia mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas, inovasi dan motivasi untuk memperkuat pengembangan potensi manusia sehingga mampu berkontribusi terhadap kemampuan organisasi. Membangun keterhubungan dan sinergitas antara kapasitas menejerial, teknis dan fungsional dari tiap-tiap individu menjadi kemampuan kolektif sebuah organisasi sangat vital peranannya dalam menunjang efektivitas dan meningkatkan kinerja organisasi. Ketepatan dalam perencanaan, pemanfaatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia serta mengintegrasikannya dalam suatu kesatuan gerak dan arah organisasi akan menjadi hal penting bagi peningkatan kapabilitas organisasi mencapai tujuannya.

Oleh karena itu, mengelola Sumberdaya manusia melalui suatu manajemen SDM yang efektif, menjadi sesuatu yang sangat penting dan menentukan bagi keberhasilan suatu organisasi. Manajemen SDM yang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebut Manajemen ASN, adalah pengelolaan ASN untuk menghasilkan Pegawai ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Sesuai maksud pasal 146, 147 dan 148 Qanun Nomor 5 Tahun 2007, manajemen SDM Pemerintah Aceh dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Aceh. Unsur pendukung Pemerintah Aceh dibidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan ini memiliki visi “Menjadi center of excelent dalam pelayanan kepegawaian dan pegembangan Sumber Daya Aparatur guna mewujudkan Tatakelola Pemerintah yang baik”, dengan mengemban misi sebagai berikut :
1. Mengelola administrasi kepegawaian secara profesional dan proporsional
2. Membina dan mengembangkan sumber daya aparatur Pemerintah berdasarkan kompetensi
3. Menyelenggarakan diklat pra jabatan, diklat kepemimpinan, diklat teknis dan diklat fungsional secara profesional
4. Mewujudkan kedisiplinan pegawai ASN
5. Mewujudkan kesejahteraan pegawai ASN

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut di atas pada pasca MoU Helsinki, BKPP Aceh telah melaksanakan berbagai program kerja yang secara garis besar menyangkut  dua hal pokok yakni pembinaan/pengembangan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan dalam peningkatan karier pegawai ASN. Kedua hal pokok ini merupakan pelaksanaan dari fungsi Manajemen ASN yang terdiri atas Manajemen PNS dan Manajemen PPPK meliputi penyusunan dan penetapan formasi/kebutuhan PNS, pengadaan, pemberian kenaikan pangkat dan pengangkatan dalam jabatan, pengembangan karier, penetapan sistim pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, dan perlindungan terhadap pegawai ASN dilingkungan Pemerintah Aceh.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Pelaksana Manajemen SDM Pemerintah Aceh